weLCome to iKainheRe's hOmepaGe

Open youR mind and iMpROve youR LiFe............
Get infoRmation about aLL heRe.

oPen YouR minD

Jika diRimu tak mampu menJadi beRingin, yanG teGak di kaki bukit,
JadiLah saJa beLukaR yanG teRbaik, yanG tumbuh di tepi danau . . . . .
Jika diRimu tak sanGGup menJadi beLukaR, JadiLah saJa Rumput,
tetapi Rumput yanG mempeRkuat tanGGuL, di pinGGiRan JaLan . . . .
Jika diRimu tak mampu menJadi JaLan Raya, JadiLah saJa JaLan setapak,
tetapi JaLan setapak yanG membawa oRanG ke mata aiR . . .
tidak semua menJadi kapten
tentu haRus aDa awak kapaLnYa . . .
JadiLah saJa diRimu .......... be yOuR seLf..
sebaik-baik daRi diRimu sendiRi ^_^

iKainheRe Tells About Her Self

Kenalin, gw Ika. iKainheRe Just the same with another women. iKainheRe
Hanya ajja gw suka banget bikin orang senyum, ketawa, dengan hidangan yang gw suguhkan.
iKainheRe
Gw sangat menghargai preferen, pendapat, masukan, kritikan, tapi bukan menjudge. iKainheRe
iKainheReJust be my self. Dengan style, brave life, color friends, and dunia gw.iKainheRe
iKainheRe Menjadi seorang penulis yang brave, eksis, dan stylish itu gga gampang, semua dari nol. Contemplative comedy gw pilih buat mewakili apa yang pengen gw sampaikan.
Komedi selalu bisa mengungkapkan apa yang tak bisa kita pahami. iKainheRe
Seperti kata Moliere, “The duty of comedy is to correct men by amusing them.” iKainheRe
Banyak orang yang bilang, penulis yang baik adalah penulis yang punya referensi yang banyak, menurut gw itu bener. Banyak-banyaklah nonton film dan baca buku.
Penulis yang baik juga akan selalu mengadopsi dan mempelajari, tapi tidak pernah mencuri.iKainheRe
Mudah-mudahan gw bisa iKainheRe

November 18, 2008

Teknik Akuntansi Keuangan Sektor Publik


  1. PENDAHULUAN

Akuntansi Keuangan Sektor Publik sangat erat kaitannya dengan fungsi akuntansi sebagai tinggi seiring dengan semakin meningkatnya tuntutan akuntabilitas publik dan transparasi oleh lembaga-lembaga publik.

Laporan keuangan sektor publik menjadi instrumen utama untuk menciptakan akuntabilitas publik. Untuk menghasilkan laporan keuangan sektor publik yang relevan dan handal, maka diperlukan standar akuntansi keuangan sektor publik dan sistem akuntansi sektor publik.

  1. TEORI AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Teori akuntansi memiliki kaitan erat dengan akuntansi keuangan, terutama pelaporan keuangan kepada pihak eksternal. Teori memiliki tiga karakteristik utama yaitu:

1. kemampuan untuk menerangkan atau menjelaskan fenomena yang ada

2. kemampuan untuk memprediksi

3. kemampuan mengendalikan fenomena

Deskripsi ilmu diklasifikasikan dalam lima kelompok yaitu ilmu murni, ilmu deskriptif, ilmu derivative, ilmu synopsis, dan ilmu terapan. Pertimbangan teori akuntansi sektor publik sangat tergantung pada perkembangan ilmu akuntansi. Hambatan yang dihadapi akuntansi sektor publik untuk menghasilkan laporan keuangan yang relevan dan handal antara lain:

1. Objektivitas

Objektivitas laporan kinerja sering terjadi karena adanya benturan kepentingan antara kepentingan manajemen dengan kepentingan stakeholder. Masalah objektivitas dapat dijelaskan melalui teori kontrak.

2. Konsistensi

Konsistensi merupakan penggunaan metode akuntansi yang sama untuk menghasilkan laporan keuangan selama beberapa periode berturut-turut.

3. Daya banding

Laporan keuangan hendaknya dapat diperbandingkan antar periode waktu dan dengan instansi lainyang sejenis.

4. Tepat waktu

Laporan keuangan disajikan tepat waktu agar dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

5. Ekonomis dalam penyajian laporan

Penyajian laporan keuangan pastilah membutuhkan biaya. Semakin banyak biaya informasi yang dibutuhkan mala semakin besar biaya yang dibutuhkan.

6. Materialitas

Suatu informasi dianggap material jika mempengaruhi keputusan. Penentuan materialitas membutuhkan professional judgement yang mendasarkan pada teknik tertentu.

  1. PERLUNYA SISTEM AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Ruang lingkup akuntansi keungan pemerintah meliputi pengumpulan data, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, dan pelaporan atas transaksi keuangan pemerintah sebagai suatu entitas serta penafsiran hasil-hasilnya. Ruang lingkup akuntansi keuangan pemerntah adalah semua kegiatan yang mencakup pengumpulan data, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, dan pelaporan atas transaksi keuangan pemerintah sebagai suatu entitas, serta penafsiran terhadap hasil-hasilnya.

  1. STANDAR AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Standar akuntansi merupakan pedoman atau prinsip-prinsip yang mengatur perlakuan akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan untuk tujuan pelaporan kepada para pengguna laporan keuangan, sedangkan prosedur akuntansi merupakan praktik khusus yang digunakan untuk mengimplementasikan standar.

Standar akuntansi sangat diperlukan untuk menjamin konsistensi dalam pelaporan keuangan. Standar yang overload adalah hal yang dihindari dalam penyusunan dan penetapan standar. Standar overload dapat terjadi ketika standar teknis terlalu banyak, standar terlalu rumit, tidak adanya standar yang tegas, standar mempunyai tujuan yang sifatnya umum, standar kurang spesifik, pengungkapan yang berlebihan.

  1. TEKNIK-TEKNIK AKUNTANSI KEUANGAN SEKTOR PUBLIK

Terdapat beberapa teknik akuntansi keuangan yang sesuai dengan sektor publik:

1. Akuntansi Anggaran

Akuntansi ini menyajikan jumlah yang dianggarkan dengan jumlah aktual secara berpasangan (double entry). Akuntansi ini terlalu kompleks.

2. Akuntansi Komitmen

Akuntansi komitmen adalah sistem akuntansi yang mengakui transaksi dan mencatatnya pada saat order dikeluarkan. Tujuan utama akuntansi komitmen adalah untuk mengendalikan anggaran.

3. Akuntansi Dana

Pencarian sumber dana dan alokasi sumber dana adalah menjadi masalah utama yang dihadapi organisasi publik sehingga diperlukan adanya akuntansi dana. Terdapat dua jenis dana yang digunakan pada organisasi sektor publik :

a. Dana yang dapat dibelanjakan

b. Dana yang tidak dapat dibelanjakan

4. Akuntansi Kas

Akuntansi Kas adalah dimana pendapatan dicatat pada saat kas diterima, dan pengeluaran dicatat ketika kas dikeluarkan. Dengan cash basis, tingkat efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan, program, atau aktivitas tidak dapat diukur dengan baik.

5. Akuntansi Akrual

Akutansi akrual dianggap lebih baik dari pada akuntansi kas karena diyakini dapat menghasilkan laporan keuangan yang lebih dapat dipercaya, lebih akurat, komprehensif, dan relevan untuk pengambilan keputusan ekonomi, sosial, dan politik. Pengaplikasian akrual basis dalam akuntansi sektor publik pada dasarnya adalah untuk menentukan cost of services dan charging for services.


i
KainheRe

:::: tHe fRienDLy kinDLy cHeeRy giRL ::::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sertakan juga alamat blog anda dalam komentar anda
atau alamat website anda

TerimaKasih