weLCome to iKainheRe's hOmepaGe

Open youR mind and iMpROve youR LiFe............
Get infoRmation about aLL heRe.

oPen YouR minD

Jika diRimu tak mampu menJadi beRingin, yanG teGak di kaki bukit,
JadiLah saJa beLukaR yanG teRbaik, yanG tumbuh di tepi danau . . . . .
Jika diRimu tak sanGGup menJadi beLukaR, JadiLah saJa Rumput,
tetapi Rumput yanG mempeRkuat tanGGuL, di pinGGiRan JaLan . . . .
Jika diRimu tak mampu menJadi JaLan Raya, JadiLah saJa JaLan setapak,
tetapi JaLan setapak yanG membawa oRanG ke mata aiR . . .
tidak semua menJadi kapten
tentu haRus aDa awak kapaLnYa . . .
JadiLah saJa diRimu .......... be yOuR seLf..
sebaik-baik daRi diRimu sendiRi ^_^

iKainheRe Tells About Her Self

Kenalin, gw Ika. iKainheRe Just the same with another women. iKainheRe
Hanya ajja gw suka banget bikin orang senyum, ketawa, dengan hidangan yang gw suguhkan.
iKainheRe
Gw sangat menghargai preferen, pendapat, masukan, kritikan, tapi bukan menjudge. iKainheRe
iKainheReJust be my self. Dengan style, brave life, color friends, and dunia gw.iKainheRe
iKainheRe Menjadi seorang penulis yang brave, eksis, dan stylish itu gga gampang, semua dari nol. Contemplative comedy gw pilih buat mewakili apa yang pengen gw sampaikan.
Komedi selalu bisa mengungkapkan apa yang tak bisa kita pahami. iKainheRe
Seperti kata Moliere, “The duty of comedy is to correct men by amusing them.” iKainheRe
Banyak orang yang bilang, penulis yang baik adalah penulis yang punya referensi yang banyak, menurut gw itu bener. Banyak-banyaklah nonton film dan baca buku.
Penulis yang baik juga akan selalu mengadopsi dan mempelajari, tapi tidak pernah mencuri.iKainheRe
Mudah-mudahan gw bisa iKainheRe

November 02, 2009

Bahan UTS SIM

Bab1. PENGANTAR SISTEM INFORMASI BEBBASIS KOMPUTER

Macam Aplikasi PC: Pengolahan data akuntansi/SIA, SIM, Sistem pendukung keputusan, Kantor virtual, Sistem berbasis pengetahuan, Otomatisasi kantor, Sistem Pakar.

Jenis-jenis utama sumber daya: Manusia, Material, Mesin, Uang, Informasi.

Fungsi manajemen informasi: Merencanakan, Mengorganisasikan, Menyusun staf, Mengarahkan, Mengendalikan.

Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Macam sistem: Sistem Lingkaran Terbuka (suatu sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya), Sistem Lingkaran Tertutup (suatu sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkungannya).

Macam spesialis informasi:
1. Analis Sistem (pakar dalam mendefinisikan masalah dan menyiapkan dokumentasi tertulis tentang cara PC memecahkan masalah)
2. Pengelola database (kumpulan data PC yang terintegrasi, diatur, dan disimpan menurut suatu cara yang memudahkan pengambilan keputusan)
3. Spesialis Jaringan (bekerjasama dengan analis sistem dan pemakai untuk membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumberdaya komputer yang tersebar)
4. Programmer (memakai dokumentasi yang disiapkan oleh analis sistem untuk membuat kode instruksi-instruksi yang menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan pemakai)
5. Operator (menangani peralatan PC yang berskala besar)
6. Komputer
7. Users

End-User Computing karena meningkatnya pengetahuan tentang PC, Antrian jasa informasi, Perangkat keras yang murah, Perangkat lunak jadi.

Tahap-tahap dalam siklus hidup sistem: Perencanaaan, Analisis, Rancangan, Penerapan, Penggunaan.

CBIS : Sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.

Data : Kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

Informasi : Hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan keputusan.

Sistem informasi : Sistem pembangkit informasi untuk menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat, dan akurat sesuai dengan manajemen yg membutuhkannya.

EUC : pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis PC oleh user.

Kontribusi CBIS: Penghematan waktu & biaya, Peningkatan efektivitas, Pengembangan teknologi & personil akuntansi. Empat golongan EUC: Pemakai akhir tingkat menu, Pemakai akhir tingkat perintah, Pemakai akhir tingkat programmer, Personil pendukung fungsional.

Manfaat EUC: Pemindahan beban kerja, Mengurangi kesenjangan komunikasi antar user dan spesialis informasi.

BAB 2. MENGGUNAKAN TEKNOLOGI ALTERNATIF UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

Elemen lingkungan perusahaan: Pemasok, Pelanggan, Serikat buruh, Masyarakat keuangan, Pemegang saham/Pemilik, Pesaing, Pemerintah, Masyarakat global.

Mencapai keunggulan kompetitif: Perusahaan (dengan memproduksi suatu marjin-nilai produk/jasa dibanding biayanya, yang lebih dari pesaingnya, Manajer (dengan mengaitkan rantai nilai perusahaan dengan rantai nilai pemasok, para anggota saluran distribusi, pelanggan). @Sumber daya informasi antara lain: Perangkat keras, Fasilitas, Perangkat lunak, Database, Spesialis informasi, Informasi, Pemakai.Transformasi kumpulan strategi: Usaha awal mengembangkan suatu rencana strategis untuk jasa informasi.Perencanaan Strategis Sumber Daya Inf: (SPIR) : pendekatan dengan mengembangkan rencana strategis untuk perusahaan jasa informasi secara bersamaan.

Hasil SPIR: Suatu rencana yang mengidentifikasi kebutuhan SDI bagi tiap subsistem CBIS selama periode dalam jangka waktu perencanaan strategis.

Hambatan tugas SPIR: Meningkatnya EUC, Pemindahan beban kerja pengembangan sistem kepada pemakai, Kesenjangan informasi.

Manajemen sumberdaya informasi : Suatu konsep terintegrasi yang menyatikan lingkungan, tingkat manajemen, area bisnis, SDI, dan users.

BAB 3. MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IKUT SERTA DALAM PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK

Tujuan perdagangan melalui jaringan elektronik: Meningkatkan: Pelayanan pelanggan, Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan, Pendapatan pemegang saham dan investasi pemilik.

Langkah: 1. Intelijen bisnis 2. Penentuan strategi (suatu sistem antar organisasi dengan menggunakan EDI) 3. Penentuan metodologi (Siklus hidup sistem dan metodologi lain) 4. Penentuan teknologi terbaik (kombinasi apapun dari sambungan langsung, VAN, dan internet.

Tugas intelijen bisnis: Pengumpulan, Evaluasi, Analisis, Penyimpanan, Penyebaran.

IOS : Kumpulan mitra dagang untuk memperoleh manfaat dari efisiensi kompetitif, meningkatkan kekuatan tawar-menawar. Dicapai dengan pertukaran data elektronik (EDI).

Tiga Tingkat Penggunaan EDI: Arus data terbatas, Arus data lebih lengkap (dicapai dengan metodologi siklus hidup sistem), Arus data lengkap maupun aplikasi yang di rancang ulang (metode rekayasa ulang proses).

Manfaat EDI : Pengurangan kesalahan, pengurangan biaya, peningkatan efisiensi operasional, peningkatan kemampuan bersaing.

Perlindungan internet dengan memasang: Firewall, Circuit-Level Firewall, Application-Level Firewall.

BAB 5. IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI @Moral: Kepercayaan mengenai perilaku benar dan salah.

Etika: Satu set kepercayaan atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok, atau masyarakat.

Hukum: Peraturan perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat. @Lapisan budaya etis: Menetapkan credo etika, membuat program etika, menyesuaikan kode etik untuk perusahaan.

Etika komputer dianggap penting untuk masyarakat karena: Kelenturan logika PC sehingga PC dapat melakukan apa saja yang diprogramkan, PC dapat mengubah cara hidup dan kerja, Proses PC tersembunyi dari penglihatan karena nilai-nilai pemrograman, perhitungan kompleks dan penyalahgunaan yang tak terlihat.

Hak masyarakat atas PC: Atas akses PC, Memperoleh keahlian PC, Memakai spesialis PC, Mempengaruhi pengambilan keputusan

BAB 9. DATABASE DAN MANAJEMEN DATABASE

File spreadsheet: Tabel-tabel dalam database relasional yang menyerupai spreadsheet. Kolom-kolom dalam spreadsheet berhubungan dengan field. Baris-barisnya berhubungan dengan catatan.

Macam Data: 1. Data warehousing (sebagian besar data berbasis PC. 2. Data mining (menerapkan teknik statistik dan kecerdasan buatan untuk mencari kecenderungan dan hubungan salam data yang mungkin tidak disadari keberadaannya oleh pemakai). 3. Data Mart (pendekatan yang memecah kelompok data dari data warehouse yang sangat besar, Analisis yang lebih spesifik dapat dilakukan.

BAB 10. KOMUNIKASI DATA

Jaringan: Perangkat keras dan perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antar berbagai PC untuk kemungkinan pembagian sumber daya.

Paket : Sebagian daru keseluruhan data yang akan dikomunikasikan dengan alamat PC tujuan data tersebut dan informasi pengendali lainnya.

TCP/IP : Salah satu protokol pengatur paket yang penting.

TCP menangani komunikasi antara berbagai alamat jaringan
Macam jaringan:
1. Jaringan Setempat (LAN) : Sekumpulan PC dan peralatan lain yang saling berhubungan melalui suatu medium yang sama. Menghubungkan PC yang dekat secara fisik. Total jarak maksimal setengah mil. Jarak antar PC yang dihubungkan minimal 60cm dan maksimal 18meter. Kecepatan transmisi data 10juta s.d 100juta byte per detik. Memakai tiga konfigurasi terpisah.
2. Jaringan Metropolitan (MAN) : Jaringan dengan area yang cukup luas untuk mencakup suatu kota secara keseluruhan atau beberapa kota kecil yang berdekatan. Jarak fisik +/- 30mil. Memakai topologi LAN dan beberapa protokol yang berkaitan dengan WAN. Tidak memakai sistem telepon publik untuk transfer data.
3. Jaringan luas (WAN) : Jaringan untuk menghubungkan berbagai PC dan alat lain yang jaringannya melampaui batasan MAN dan LAN. Memakai sistem telepon publik.
Pengendalian jaringan komunikasi data: Pengendalian terpusat, Pemrosesan terdistribusi, Pemrosesan klient.

Macam Perangkat Keras Komunikasi:
1. Modem (alat yang mengubah sinyal-sinyal analog yang digunakan pada komunikasi telepon suara menjadi sinyal-sinyal digital. Dsb
2. Hub (alat yang menerima paket data dari suatu PC di salah satu ujung topologi star dan menyalin isinya ke seluruh alat lain.
3. Router (alat yang menghubungkan banyak LAN, dan dasar membentuk WAN.
4. Switch (alat untuk menyaring komunikasi data yang tidak ditujukan pada PC di suatu jaringan tertentu, mengendalikan rute ke PC penerima).
Sambungan Komunikasi antara lain: Sambungan Pribadi (Suatu sirkuit yang terus terbuka untuk lalu lintas komunikasi), Jaringan Pribadi Virtual (Jawaban atas bagaimana memperoleh keamanan dan kecepatan sambungan pribadi dengan biaya murah jaringan internet.

Manajemen jaringan, dilakukan untuk mengurangi peluang kegagalan jaringan, terutama melalui perencanaan dan pengendalian.
1. Perencanaan jaringan (semua kegiatan yang mengantisipasi kebutuhan jaringan perusahaan. Komponen utamanya: Perencanaan kapasitas, Perencanaan staf, Pemantauan kinerja).
2. Pengendalian jaringan (Pemantauan jaringan tiap hari untuk memastikan bahwa jaringan tetap ada pada tingkat operasi yang diinginkan)

Manajer jaringan: orang yang bertanggungjwab merencanakan, menerapkan, mengoperasikan, dan mengendalikan jaringan komunikasi data perusahaan.

BAB 12. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SIM : Suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.

Cara menyatikan management by exception: Menyiapkan laporan hanya jika terjadi pengecualian,
Menggunakan urutan laporan untuk menyoroti pengecualian, Mengelompokkan perkecualian bersama-sama, Menunjukkan varians dari normal.

Macam model matematika: Model Statis atau Dinamis (tidak menyertakan waktu sebagai variabel/menyertakan), Model Probabilistik (peluang terjadinya sesuatu), Model Optimisasi atau Suboptimisasi (memilih solusi terbaik dari berbagai alternatif)

Menggunakan grafik saat: Mencari ikhtisar data secara tepat, mendeteksi trend, Meramal kegiatan, Mencari gambaran sederhana dr inf. Menggunakan tabel jika setiap nilai data perlu dibaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sertakan juga alamat blog anda dalam komentar anda
atau alamat website anda

TerimaKasih