weLCome to iKainheRe's hOmepaGe

Open youR mind and iMpROve youR LiFe............
Get infoRmation about aLL heRe.

oPen YouR minD

Jika diRimu tak mampu menJadi beRingin, yanG teGak di kaki bukit,
JadiLah saJa beLukaR yanG teRbaik, yanG tumbuh di tepi danau . . . . .
Jika diRimu tak sanGGup menJadi beLukaR, JadiLah saJa Rumput,
tetapi Rumput yanG mempeRkuat tanGGuL, di pinGGiRan JaLan . . . .
Jika diRimu tak mampu menJadi JaLan Raya, JadiLah saJa JaLan setapak,
tetapi JaLan setapak yanG membawa oRanG ke mata aiR . . .
tidak semua menJadi kapten
tentu haRus aDa awak kapaLnYa . . .
JadiLah saJa diRimu .......... be yOuR seLf..
sebaik-baik daRi diRimu sendiRi ^_^

iKainheRe Tells About Her Self

Kenalin, gw Ika. iKainheRe Just the same with another women. iKainheRe
Hanya ajja gw suka banget bikin orang senyum, ketawa, dengan hidangan yang gw suguhkan.
iKainheRe
Gw sangat menghargai preferen, pendapat, masukan, kritikan, tapi bukan menjudge. iKainheRe
iKainheReJust be my self. Dengan style, brave life, color friends, and dunia gw.iKainheRe
iKainheRe Menjadi seorang penulis yang brave, eksis, dan stylish itu gga gampang, semua dari nol. Contemplative comedy gw pilih buat mewakili apa yang pengen gw sampaikan.
Komedi selalu bisa mengungkapkan apa yang tak bisa kita pahami. iKainheRe
Seperti kata Moliere, “The duty of comedy is to correct men by amusing them.” iKainheRe
Banyak orang yang bilang, penulis yang baik adalah penulis yang punya referensi yang banyak, menurut gw itu bener. Banyak-banyaklah nonton film dan baca buku.
Penulis yang baik juga akan selalu mengadopsi dan mempelajari, tapi tidak pernah mencuri.iKainheRe
Mudah-mudahan gw bisa iKainheRe

Januari 11, 2010

Bermain Bersama Virtual Midi Keyboard Part 1

Ngomongin tentang teknik vokal musik-musik metal, yang ngeluarin vokal dengan lengkingan dengan rata-rata awalnya nada rendah, lama kelamaan makin meninggi, vokalis cowok yang range vokalnya sampe 3 oktaf, buat gw itu udda bagus, sampe 4 oktaf udda luar biasa. Diatas 4 oktaf gw nggak begitu suka (mirip bunyi burung berkicau, siulan, atau bunyi tikus kejepit pintu). Vokalis modalnya jerit-jerit doang nggak cukup kali ya, kudu ada dukungan teknik, warna suaranya juga, emosi, moment, nadanya juga yang harus pas. Gw menyebut para vokalis yang mampu menjerit-jerit dengan mengesankan dengan sebutan "high screamer".

And then gimana cara ngukur oktaf? gampang ajja, coba kalian nyanyi do-re-mi-fa-sol-la-si-do pake nada paling rendah, pasti bisa kan, itu berarti kalian udda mencapai yang namanya 1 oktaf, terus lanjutin nada tadi tapi mulainya dengan do yang udda 1 oktaf lebih tinggi, berhasil lagi, berarti range vokal kalian udda mencapai 2 oktaf, gitu seterusnya sampe not tertinggi yang mampu kita keluarin. Pake teknik falsetto buat bisa nyampe nada tinggi? gga masalah, palingan juga bikin suara kita jadi beda. Inget King Diamond kan? Kalo kita dengerin lagu-lagunya dia, suara normalnya sama suara falsetto-nya kayak gga nyambung, tapi dia bisa bikin itu seolah-olah jadi dua karakter yang berbeda, biar sesuai juga sama concept albumnya kali ya.

Terus gimana cara ngukur not sang vokalis? Gampang juga sebenernya, elo bisa pake alat musik, gitar misalnya, ato pake keyboard juga bisa. Gw make software Virtual Midi Keyboard. Disitu keyboard-nya punya range 4 oktaf, kalo semisal kita anggep dimulai dari C1 (do oktaf 1), maka akan berakhirnya di C5 (do oktaf 5). Gitu kira-kira, selain make software itu, bisa juga make telinga buat ngukur not, kita dengerin jeritannya, terus cari not-nya sama kayak not yang mana, kalo susah bedain bisa dicari rangkaian not-nya dulu baru maenin bareng sambil dengerin lagunya.

Dan dari... sampel yang gw ambil secara random sampling dari 'murtad', dengan alat analisis berupa telinga, dan virtual midi keyboard, berikut adalah nada beserta vokalis yang bertengger disana, Let's see.

B4
Coba deh kemampuan vokal lo dengan nyanyiin lagu romantisnya Air Supply yang "Making Love (Out of Nothing At All)" nada tertingginya B4 tuh. Russel Hitchcock emang terkenal sama lagu-lagu yang mellow bervokal tinggi bening gitu, tapi ada lagi, Freddy Curcinya Alias (kelompok hard rock) di lagunya "More Than Words Can Say" juga bisa masuk B4.

E5
Nah, kalo udda masuk not ini, suara bisa dibilang 'melengking'. Lagu yang bisa mencapai E5 itu lagunya Power Metal. Si Arul Efansyah buat gw adalah vokalis metal terbaik Indonesia sampe sekarang, belom ada yang nyamain kharisma vokalnya dia. Vokalis lain yang juga bisa nyampe di E5 itu Benjamin Sotto-nya Heavenly di lagu yang "The World Will Be Better." Ada lagi, si Bruce Dickinson-nya Iron Maiden, coba denger lengkingannya dia di ending lagu "Where Eagles Dare". Gw jadi inget sama "My Heart Will Go On"-nya Celine Dion.. lagu itu setengah nada lebih rendah dari E5 kan, dan kalo gga salah, di Eb4 gitu, yang pas lirik "will stay, forever this way...". Gw jadi ngebayangin Arul, Sotto, sama Dickinson bawain "My Heart Will Go On"... Ohhhhh noooo...!! apalagi sambil termehek-mehek....&)

F5
Yaph, nyampe F5, dialah Don Dokken di lagu yang "Standing In The Shadows" (lagu lama, wajar kalo kalian gatau) kebetulan ajja ada. Ada lagi sih yang nyampe F5, si Michael Kiske pas dia masih di Helloween di ending lagu "I Want Out".

F#5
Naek setengah nada, di F#5 ada W. Axl Rose yang di lagu "I.R.S", gga percaya kan kalo ternyata dia di lagu itu suaranya nyampe di F#5? Tadinya malah telinga gw ngira itu udda nyanpe G4 (kayak "She's Gone"-nya Steelheart) tapi kayaknya kok lebih masuk F#4 deh. Terus lagu "Someone Crying"-nya Michael Kiske juga nyampe F#5 ternyata.

G5
Wah udda G5. Not yang keramat. Kalo bisa nyampe disini berarti bisa bawain "She's Gone"-nya Steelheart kayak si Miljenko Matijevic (Mili) itu misalnya. Tapi ternyata banyak juga yang bisa nyampe di G5.. Don Dokken di ending "Kiss of Death", Bruce Dickinson di ending "Aces High"-nya Iron Maiden, terus Michael Kiske (lagi) tapi kali ini di lagu yang "The Chance".

G#5 Naek setengah nada, terakhir gw inget bunyi yang nyampe ke G#5 (kira-kira) itu tu bunyi tikus yang gw jepitin ke pintu, lengkingan si tikus nyampe G#5 tuh kayaknya... Dan ternyata yang setara dengan tikus kejepit pintu adalah Mili Matijevic-nya Steelheart di lagu yang "I'll Never Ending". Ada lagi Michael Sweet-nya Stryper di ending yang "The Reign". Hwaaaaahhhh,,

A5
Hah ada ya yang A5?? Iya, naek setengah nada lagi lho padahal, nyatanya Mili Matijevic mampu juga mencapai A5, lagu yang "Steelheart", pernah denger gga? yang di album Tangled In Reins kalo gga salah... Dan kalian tau Geoff Tate dari Queensryche gga? yang di lagu "Take Hold of The Flame", heran ya, suaranya Tate kan berat-berat gemannah getoohh, terus bisa nyampe A5.... Ajib deh...

C6
Wottt?? Gw juga madang emoticon bibir keriting (emoticon di dunia dunia Mig33) pas gw liat ada yang nyampe ke nada terakhir di Virtual Midi Keyboard. Michael Sweet bo'!! Yaph, Michael Sweet-nya Stryper di lagunya yang "In God We Trust" dan itu sambil ngegitar!! sumpe...


Yaph itu ajja yang berhasil gw ubek-ubek, ada lagi sih, Rob Halford, Midnight, Andre Matos, dll, kalo ada salah itu datengnya dari telinga dan mata gw (yang kalo kurang sesajen suka ngambek) jadi kalo ada koreksi, monggo.. Atau ada masukan kira-kira siapa lagi yang mau dimasukin ke Virtual Midi next? :D



iKainheRe

:::: tHe fRienDLy kinDLy cHeeRy giRL ::::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sertakan juga alamat blog anda dalam komentar anda
atau alamat website anda

TerimaKasih